Kamis, 23 Februari 2012

Ketersediaan Pasokan Menjadi Kekuatan Usaha di Bidang Keagenan

Setiap keluarga pasti membutuhkan gas dan air minum dalam kemasan untuk kebutuhan setiap hari. Karena itu, usaha di bidang ini akan tetap prospektif dan tidak ada matinya jika ditekuni secara serius. Oleh karena itu, kunci agar usaha ini terus berkembang adalah ketersediaan pasokan. Dalam arti, gas dan air minum dalam kemasan harus tetap tersedia, sehingga jika konsumen membutuhkan bias langsung diperoleh.
Yang tak kalah pentingnya, harga jual harus kompetitif. Bila perlu bias lebih murah dibandingkan agen yang lain. Karena dengan harga yang lebih murah maka konsumen akan kembali membeli di agen tersebut. Jika harga yang murah ditawarkan maka tentu saja berpengaruh pada keuntungan yang diperoleh akan lebih kecil. Karena itu, harus disiasati dengan menjual dalam kuantitas yang besar sehingga bias memperoleh keuntungan yang lumayan.
Service Terhadap Konsumen. Harus diakui bahwa usaha ini erat kaitannya dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Karena itu, jika menawarkan jasa pengantaran terhadap konsumen maka akan lebih baik jika pengantaran barang tersebut tidak memakan waktu yang lama sehingga konsumen tidak terlalu menunggu lama. Komitmen memberikan servis yang memuaskan menjadi hal yang wajib dalam usaha ini.
Dengan memberikan servis yang terbaik merupakan cara berpromosi tanpa biaya. Mengapa, karena konsumen yang pernah menggunakan agen tersebut, akan memberitahukan pada tetangga, teman kerja bahkan saudara tentang servis tersebut sehingga akan menjadi pelanggan dari agen tersebut.
Memang usaha ini menyasar pada semua kelompok masyarakat. Walaupun demikian, ada 2 kelompok besar dalam usaha ini. Pertama, kelompok usaha kecil yang biasanya merujuk pada warung-warung makan. Jadi kelompok ini membutuhkan air mineral gallon dan gas untuk kebutuhan usaha. Kedua, kelompok konsumen yang terbagi terbagi menjadi 2 yaitu pertama : kelompok rumah tangga yang lebih memilih harga gas dan air minum gallon yang murah. Biasanya mereka akan mencari di antara berbagai agen mana yang yang menawarkan harga yang lebih murah. Kelompok ini biasanya selektif dalam memilih agen. Kedua : kelompok rumah tangga yang lebih pada ketersediaan barang dibandingkan harga. Kelompok ini tidak terlalu memperhitungkan harga yang ditawarkan, tapi lebih pada kebutuhan akan barang itu mudah diperoleh. Pada dasarnya semua kelompok ini, potensial untuk digarap sebagai konsumen. Asal para agen memahami kemauan para kelompok ini sehingga tahu trik dalam menghadapi kelompok ini.
Trik Usaha. Karena itu, agar bisa bertahandalam usaha ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap survive. Pertama : usaha ini merupakan usaha jangka panjang karena setiap keluarga pasti membutuhkan produk ini. Karena itu, konsistensi dalam menekuni usaha ini merupakan modal penting. Karena dalam konsistensi akan tercipta pelanggan-pelanggan setia. Kedua : ketelatenan dalam menjaga hubungan dengan konsumen, karena yang menjual produk ini sangat banyak sehingga berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen.

Handito Hadi Joewono
Chairman Indonesia New Enterpreneur Circle (INEC)
& President Arrbey Indonesia

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Ketersediaan Pasokan Menjadi Kekuatan Usaha di Bidang Keagenan"

Posting Komentar