Jumat, 09 Maret 2012

Usaha dengan Modal di Bawah Satu Juta Rupiah


Tanya :
Saya adalah ibu rumah tangga yang sehari-hari hanya dirumah saja. Melihat harga kebutuhan pokok yang setiap hari naik, sya ingin membantu suami saya agar kebutuhan hidup di keluarga bisa terpenuhi. Mengingat hanya suami saja yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. Ada pertanyaan yang ingin saya ajukan :
  1. Saya mau memulai usaha, dan saya hanya memiliki modal yang minim yaitu di bawah satu juta rupiah. Usaha apa yang bisa saya lakukan dengan modal sebesar itu ?
  2. Mohon contoh perhitungan dari modal, kewajiban, dan keuntungan ?
Jawab :
Halo ibu Dian, di zaman sekarang dimana harga harga yang selalu naik dan berubah-ubah hamper setiap hari, siapa yang tidak ingin berusaha? Apalagi seperti anda yang mempunyai ssemangat tinggi untuk membantu suami. Untuk meyiasati keadaaan seperti sekarang ini alangkah baiknya tidak hanya mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja, mengingat kebutuhan tidak hanya untuk sehari-hari saja.
Memang untuk saat ini untuk beusaha selalu dibutuhkan uang yang lebih untuk menjalankan suatu usaha, tetapi juga perlu ingat, bahwa modal terutama dalam bentuk uang bukan syarat utama untuk menjalankannya. Keterampilan yang anda miliki serta semangat yang tinggi untuk berusaha saja menurut saya sudah merupakan modal yang sangat penting. Pada prinsipnya, dalam berusaha adalah bagaimana cara anda untuk menggandakan modal awal yang dimiliki. Untuk usaha dengan modal yang dibawah Rp 1 juta, ada beberapa yang bisa dilakukan. Baik barang maupun jasa. Untuk usaha dibidang jasa antara lain kursus music, penitipan anak, belajar mengaji. Sedangkan untuk usahadalam bentuk barang bisa anda bisa menjual gorengan, kerupuk dari produsen dalam bentuk setengah jadi dan anda tinggal menggoreng, jual pulsa elektrik.
Usaha yang menggunakan modal yang terbatas bisa dilakukan oleh semua orang, asalkan ada kemuan dan semangat yang tinggi untuk menjalankannya. Usaha seperti ini sebaiknya dilakukan dirumah. Anda tinggal mlihat saja apa yang dibutuhkan untuk menjalalankannya karena biaya bisa ditekan. Untuk usaha dalam bidang barang, yang lebih diperlukan adalah kejelian dalam mengatur modal yang digunakan bisa berputar dan kembali dalam jangka waktu tertentu. Seperti usaha jual gorengan, dalam pemilihan bahan baku harus teliti. Selain itu biaya operasional juga harus dilihat agar usaha bisa berjalan dengan lancer. Terutama biaya transportasi pada saat pembelian bahan baku.
Berhubung usaha anda masih batu, sebainya anda mempersiapkan biaya enam kali lipat dari biaay operasional dan bahan baku harian. Hal ini dikarenakan belum bisa berapa besarnya keuntungan yang didapat, sedangkan Anda harus punya biaya untuk esok hari. Hal ini bisa juga sebagai sarana promosi. Setelah memiliki pelanggan Anda akan dapat memperkirakan besarnya keuntungan dan operasional.
Sedangkan untuk bidang jasa yang diperlukan adalah keterampilan yang Anda miliki. Seperti penitipan anak , Anda harus mengetahui cara momong anak dan juga merawat anak. Sebab penitipan anak tidak hanya 1 atau 2 jam melainkan sejak anak pulang sekolah hingga orang tua pulang kerja. Maka itu Anda juga membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu yang perlu diingat untuk usaha bidang jasa, Anda mesti bisa membangun jaringan agar usaha yang Anda jalankan cepat dikenal.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai usaha dengan modal di bawah Rp. 1 juta:
1. Hindari Sewa Tempat. Usaha yang baru berjalan masih membutuhkan, beberapa pembenahan terutama untuk promosi. Dengan modal yang terbatas alangkah baiknya Anda menggunakan sarana yang telah dimiliki. Contohnya jual gorengan, Anda bisa menggunakan rumah sebagai tempat jualan. Selain itu Anda juga tidak perlu membeli peralatan masak lagi, karena Anda bisa menggunakan yang sudah ada di rumah. Jadi pengeluaran bisa dihemat.
2. Utamakan kerjasama pda Menggaji Karyawan. Maksudnya Anda tidak perlu menggunakan jasa orang lain dulu. Bila tempat usaha di rumah, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga seperti anak. Biasanya anak akan membantu bila tahu Anda akan membuka usaha. Apabila memang harus meminta bantuan dari orang lain, usahakan untuk tidak menggaji mereka dengan menggunakan modal yang ada, tetapi dengan sistem bagi hasil. Hal ini baik untuk usaha di bidang jasa, karena yang lebih diutamakan adalah kerjasama.
3. Pilih Konsep Waktu yang Tepat untuk Usaha. Waktu yang dimaksud adalah usaha yang Anda jalankan di saat apa. Seperti usaha penitipan anak. Berarti waktunya adalah pada saat orang sedang ke kantor. Untuk usaha jual gorengan atau makanan, siang atau sore. Bila usaha dilakukan di rumah, biasanya antara pagi atau sore. Bial usaha dilakukan di rumah, biasanya antara pagi atau sore.
Dengan modal yang terbatas Anda tidak musti harus menjadi pelaku usaha. Anda juga bisa sebagai perantara untuk usaha orang lain. Seperti yang dijelaskan diatas,untuk usaha dibidang jasa yang lebih diperlukan adalah kerjasama.
Perhitungan modal. Yang harus diperhatikan dalam usaha yang bergerak di bidang barang adalah bahan baku dan baiay transportasi pada saat pembelian. Sebab untuk peralatan Anda menggunakan peralatan yang telah dimiliki. Bahan baku harus disesuaikan dengan perkembangan harga serta jumlah produk yang dihasilkan. Sebab dari dau faktor tadi Anda bisa menentukan harga produk yang dibuat. Apabila Anda sudah bisa mengkalkulasi besarnya biaya yang dibutuhkan untuk produksi satu hari, Anda harus mempersiapkan dana untuk produksi selanjutnya sebanyak enam kali lipat. Saat pertama Anda memproduksi barang, pilihlah produk yang paling di cari konsumen. Dan jumlah variasi tidak usah terlalu banyak agar baiay bahan baku tidak terlalu besar.

Diasuh Oleh:
Mike R Soetikno
Mike Rini & Associates Financial Couselling
Alamat : Jl. Mawar No.35 RT.04/12
Rempoa, Bintaro, Jakarta Selatan 12330
Telp. (021) 99654323


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

2 komentar: on "Usaha dengan Modal di Bawah Satu Juta Rupiah"

Unknown mengatakan...

Saya usaha penerimaan pesanan mencari diecast skala 24 dan 18 asal bugjet mencukupi makasi

Kontak:25cd6424

Anonim mengatakan...

PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
silakan teman-teman, semoga Anda semua yang terbaik, Anda dapat menghubungi saya untuk info lebih lanjut dan bantuan melalui email saya. husseinanwar150@gmail.com
Terima kasih

Posting Komentar